Jumat, 08 November 2013

Tugas Tata Tulis dan Komunikasi Ilmiah

Nama : Nurul Fahsya
Kelas : 1ID06
NPM : 36413716

Universitas Gunadarma

Pasien Kanker Payudara yang Meninggal Kebanyakan dari Kalangan Kurang Mampu

Liverpool, Di Inggris, sekitar 450 kasus meninggal dunia akibat kanker payudar, ditemukan di kawasan pemukiman masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah. Sebuah studi menyatakan hal ini disebabkan mereka hidup dengan akses yang sulit, sehingga cenderung baru didiagnosis mengidap kanker setelah penyakit tersebut berkembang dan semakin parah.

Beberapa orang peneliti yang melakukan studi ini, menyampaikan pada National Cancer Research Institue Cancer Conference di Liverpool, bahwa wanita dengan pendapatan lebih rendah, ternyata lebih tidak peduli terhadap gejala-gejala penyakit, termasuk kanker payudara. Para peneliti yang berasal dari Universities of Leicester and Cambridge ini menganalisis data 20.000 wanita pasien kanker payudara tingkat lanjut tahun 2006-2010, dari arsip National Cancer Registration Service. 

Mereka menghitung, berapa nyawa yang sebenarnya bisa diselamatkan jika penyakit ini dapat didiagnosis lebih awal, terutama dari kalangan ekonomi rendah. Apabila faktor perbedaan status sosio-ekonomi ini dihilangkan, maka sekitar 450 nyawa bisa diselamatkan setiap tahunnya.

"Kasus meninggal yang dapat dicegah, ternyata bukan diakibatkan perbedaan pengobatan terhadap pasien dari kaum miskin dan kaum kaya. Juga bukan karena perbedaan jenis kanker yang diidapnya. Melainkan akibat ketidakpedulian pasien terhadap gejala-gejala kanker payudara yang bisa dideteksi sejak kanker masih bisa disembuhkan. Selain itu, kewaspadaan mereka ternyata juga lebih rendah daripada kaum kaya," ungkap dr Gary Abel, salah seorang peneliti sekaligus ahli statistik dari University of Cambridg, sebagaimana dilansir Mirror pada Senin (4/11/2013).

Hal senada disampaikan oleh dr Julie Sharp, Kepala bagian Informasi dari Cancer Research UK. Dirinya berkata, "Kebanyakan pasien dari kaum ekonomi rendah merasa malu dan takut jika tahu bahwa dirinya mengidap suatu penyakit. Padahal semestinya semua wanita memberi perhatian kepada tubuhnya, bagaimana bentuk dan rasa payudara yang normal jika diraba."

Eluned Hughes, Kepala bagian Kesehatan Publik di Breakthrough Breast Cancer mengatakan, "Setiap bulan, sekitar 1.000 wanita di Inggris berjuang menghadapi kanker payudara. Bila gejala bisa dideteksi lebih awal, lebih besar peluang untuk menyembuhkannya. Maka, penting sekali bagi wanita untuk memastikan kesehatan tubuhnya masing-masing."


ANALISIS :

   Berita diatas memberikan informasi tentang hasil penelitian yang menyebutkan bahwa pasien kanker payudara yang meninggal kebanyakan berasal dari masyarakat yang kurang mampu. Menurut para peneliti tersebut sekitar 450 pasien pengidap kanker payudara masih bisa diselamatkan nyawanya jika kanker telah terdeteksi sejak dini.

   Selain karena factor ekonomi dan akses yang sulit, kesadaran masyarakat ekonomi kebawah tentang pentingnya gejala dari penyakit ini pun masih kurang. Mereka cenderung menganggap sepele dan tidak peduli dengan gejala-gejala dari penyakit ini. Padahal, jika kanker sudah terdeteksi sejak dini, maka pengobatan dan pencegahan pun dapat dilakukan secara optimal.

   Baik masyarakat dengan ekonomi menengah maupun kebawah harus peduli dengan kesehatan dirinya masing-masing. Tidak perlu merasa malu atau takut jika tahu bahwa dirinya mengidap suatu penyakit. Karena sesungguhnya kasus meninggal akibat penyakit ini dapat dicegah bukan karena perbedaan pengobatan antara masyarakat mampu dengan masyarakat yang kurang mampu, dan bukan juga karena perbedaan jenis kanker yang diidapnya, melainkan karena kepedulian masyarakat tentang pentingnya gejala penyakit ini, agar kanker dapat terdeteksi saat kanker masih bisa disembuhkan.

   Jadi kesimpulannya adalah, mengetahui dan menganggap penting gejala suatu penyakit wajib hukumnya, agar penyakit dapat terdeteksi sejak dini sehingga pengobatan maupun pencegahan yang dilakukan pun dapat berjalan secara optimal.

   Mengetahui bentuk dan rasa payudara normal saat diraba pun wajib diketahui oleh seluruh kaum wanita, agar jika terasa ada yang berbeda bisa langsung konsultasi ke dokter. Ingat, semakin cepat kanker terdeteksi maka semakin besar pula peluang bagi pasien untuk bisa tertangani dengan optimal.

Tidak ada komentar: